Menulis itu 'Tidak' Penting

Unknown Reply 03.35
Catatan ini tentang pergulatan diri dengan keinginan-keinginan yang melangit. Sudah terlalu banyak para penulis dan motifator membual tentang pentingnya menulis. Apa yang kau banggakan dengan budaya menulis jika tanpa dibarengi dengan semangat berbagi?

Pramoedya mengatakan bahwa menulis adalah kerja keabadian. Tapi apalah guna menulis jika untuk mengabadikan tulisan saja kita tidak berani. Orang tidak akan mengenal Pram jika buku-buku dan karya tulisnya tidak dipublikasi. Maka keberanian menulis tanpa dibarengi dengan keberanian membagikan hasil tulisanya adalah pekerjaan yang membuang-buang waktu.

Berdialektika dengan tulisan memang bukanlah hal yang mudah. namun sering kali para penulis mengalami fase keraguan dalam membagikan tulisan baik lewat sosial media, terlebih mengabadikan dalam bentuk karya buku. Kegiatan menulis akan menjadi penting jika keberanian menulis diseimbangkan dengan tradisi membagikan dan mengabadikan tulisan.

Agus Noor seorang sastrawan kontemporer dalam diskusinya semalam seolah membuat down para penulis pemula. Beliau mengatakan bahwa kecenderungan dunia sastra hari ini banyak yang mengangkat kisah-kisah yang kurang penting dengan gaya bahasa yang minus estetik. Menurut saya bagaimanapun suatu tulisan atau hasil karya baik sastra maupun tulisan artikel, essay bahkan penelitian. Mempunyai porsi dan bobot tersendiri dalam dunia kepenulisan. Apapun tulisanya jika sang penulis berani membagikan dan mengabadikan menjadi karya buku adalah keberanian tersendiri yang perlu untuk diapresiasi.

Maka point penting dari catatan tidak penting ini adalah yang lebih penting dari tradisi menulis adalah tradisi mengabadikan tulisan. Sejarah dan peradaban tidak akan terbangun jika para masyarakatnya kurang berani mengabadikan tulisan dalam bentuk karya. karena dari dunia literaturlah suatu bangsa dapat dinilai keberadaban dan kemajuan peradabanya. Lewat kekayaan yang direkam lewat tulisan. Selamat berkarya.

Senja Bersujud.

Kedai Kopi Kriwul
Malang. 24-10-2015


Related Posts

Artikel 6946043089376070879

Posting Komentar

Search

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut